AcehOKE.com, Takengon — Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menjanjikan memberikan bonus diluar gaji pokok bagi dokter yang bersedia ditempatkan di Puskesmas Isaq Linge. Bupati menyiapkan insentif tambahan bagi setiap dokter yang bersedia ditempatkan di wilayah terisolir dan jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.

“Kami sudah dengar kekosongan itu. Tidak ada dokter yang mau bertugas disana karena mungkin alasan terlalu jauh dari ibu kota kabupaten. Namun kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah untuk mengisi kekosongan dokter disana, dengan catatan berikan bonus Rp5 juta per bulan selain gaji pokok” tutur Shabela kepada awak media saat menggelar buka puasa bersama insan pers, Kamis, 23 Mei 2019.

Pernyataan ini disampaikan Shabela menanggapi pemberitaan sejumlah media akan keluhan masyarakat terkait kekosongan dokter di Puskemas Linge, yang disebut berlangsung sejak tahun 2018. Bahkan, saking lamanya ditinggal, masyarakat mengaku merasa rindu akan sosok seorang dokter didaerahnya.

Baca : Masyarakat Linge Rindu Sosok Dokter

Menanggapi hal ini dan berdasarkan laporan yang ia peroleh, Shabela menyebut dokter yang ditugaskan sebelumnya di Puskemas Linge mengalami gangguan kesehatan atau sakit. Hingga kini, kata Shabela, belum ada dokter yang bersedia menggantikan.

“Bukan hanya di Isaq Linge, kami juga telah perintahkan Dinas Kesehatan mengisi kekosongan dokter yang ada di Puskesmas Jagong Jeget. Disini juga sangat membutuhkan satu dokter.  untuk daerah Linge, desa itu telah masuk kategori desa terisolir” kata Shabela.

Ia berharap, siapapun dokter yang akan bertugas di dua daerah tersebut, untuk serius bekerja melayani kesehatan masyarakat, lantaran posisi sangat jauh dari ibukota kabupaten. “Siapapun nanti yang akan ditempatkan disana, harus serius melayani kesehatan masyarakat jangan setengah hati” pinta Shabela.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Jayusman mengaku siap menindaklanjuti usulan yang disampaikan oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar terkait pemberian bonus bagi dokter yang akan bertugas di Puskesmas Isaq Linge.

“Kami akan tindak lanjuti, yang bersedia ditugaskan disana silahkan hubungi kami” kata Jayusman.

Akan tetapi kerinduan masyarakat Linge akan sosok dokter di daerahnya belum dapat terwujud dalam waktu dekat.

Pasalnya, Dinas Kesehatan Aceh Tengah baru akan menempatkan dokter di Puskesmas Isaq Linge pada Juli mendatang. Puskesmas yang berada di wilayah yang dikenal ‘bersejarah’ bagi masyarakat Gayo itu juga akan ditingkatkan kapasitas pelayanannya atau uji Akreditasi Puskesmas Tahun 2019, berbarengan dengan penempatan dua dokter sekaligus.

“Sesuai ketentuan tidak boleh ada Puskesmas kekosongan dokter. Ini akan kami tindak lanjuti, kami upayakan 2 dokter akan bertugas disana, kalau bisa nanti satu PNS dan satu CPNS” demikian Jayusman. (Karmiadi)

Facebook Comments