IDI — Dinas Kesehatan Aceh Timur bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) membagi-bagikan ribuan masker untuk masyarakat yang beraktifitas di luar rumah. Bahkan seluruh pengendara sepedamotor ikut dibagikan masker secara gratis itu.

“Kita bersama puskesmas se-Aceh Timur sudah membagi-bagikan masker, baik untuk pelajar atau pengguna jalan,” kata Sekda Aceh Timur, H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, melalui Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, SKM, M.Kes, disela-sela Pembagian Maskes Gratis di Jalinsum Banda Aceh – Medan, depan Kantor Dinkes Aceh Timur di Idi Rayeuk, Kamis (23/9).

Dia meminta masyarakat yang beraktifitas diluar rumah untuk tetap mengenakan masker sebagai pelindung pernafasan. “Kami juga berharap masyarakat tidak panik dengan kabut asap kiriman ini, tapi utamakan masker untuk keluarga masing-masing, sehingga terhindar dari Ispeksi Pernafasan (ISPA),” ujar Sahminan.

Dia juga meminta masyarakat untuk mengkonsumsi air putih secara rutin dan buah-buahan seperti papaya. Begitu juga disaat terjadi sesak sewaktu-waktu agar segera berkonsultasi ke fasilitas kesehatan, baik klinik atau puskesmas.

“Bukan hanya di Kota Idi, namun pembagian ribuan masker ini juga dilakukan para petugas di tiap-tiap puskesmas dalam Kabupaten Aceh Timur,” ujar Sahminan seraya mengharapkan, seluruh warga untuk mengenakan masker disaat beraktifitas di luar rumah. (Syarul/T.Bahar).

Facebook Comments