IDI – Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH yang akrab disapa Rocky membuka Seminar Nasional Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Tahun 2019. Seminar Nasional mengusung tema “ Mewujudkan Aceh Timur Bersih dari Korupsi” yang di gelar di Gedung Idi Sport Centre (ISC), Kamis (3/10/2019).

Bupati Aceh Timur Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH dalam sambutan dan arahannya mengatakan, melihat tema seminar hari ini mengambarkan keinginan besar dari seluruh lapisan masyarakat Aceh Timur, untuk mewujudkan Aceh Timur yang bersih dari segala bentuk tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Sejalan dengan tema tersebut, maka penindakan dan pencegahan korupsi harus dilakukan lebih intensif, efektif dan masif sebagai sebuah gerakan nasional. Saya pribadi merasa bangga melihat antusias saudara dengan penuh dedikasi yang tinggi untuk mengikuti acara seminar ini,” katanya.

Hal ini menunjukan komitmen bersama untuk mewujudkan Aceh Timur yang bersih dari korupsi, dan siap menjadi tauladan dan panutan bagi keluarga, sahabat serta masyarakat,” sebut Rocky.

“Korupsi merupakan salah satu fenomena hukum yang mendapat prioritas negara untuk diselesaikan dan harus diberantas sampai ke akar-akarnya, sebab bahaya korupsi tidak hanya terkait dengan kerugian keuangan negara namun dapat menggangu, bahkan menguncang perekonomian negara dan stabilitas nasional,” ujar Rocky.

Selain dampat tersebut diatas, juga akan menghambat momentum pembangunan dan menurunkan kepercayaan masyarakat dan dunia internasional terhadap proses penegakkan hukum,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dirinya menyampaikan, korupsi adalah suatu virus yang tersembunyi di Indonesia, menghancurkan sistem kelembagaan masyarakat, menyebar diseluruh lembaga negara, penyebaran kejahatan jenis ini menjadi pola dan seolah membudaya,” sebut Rocky.

“Korupsi pada hakikatnya bukan sekedar masalah kriminal, melainkan juga masalah sosial, bahkan korupsi seoalah menjadi atau gaya hidup masyarakat dari berbagai kalangan. Melalui seminar ini mari kita memerdekakan diri dari keterbelengguan, ketidak berdayaan melawan prilaku dan budaya korupsi,” demikian pungkas Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH.

Adapu pemateri dalam seminar tersebut yakni, Irjen Pol Purnawirawan Bibit Samad Rianto selaku ketua GMPK Pusat dan Dr. Anwarruddin Sulistyono, SH, M. Hum selaku Koordinator Jampidsus Kejagung RI. Serta turut dihadiri unsur Forkopimda dan para OPD pemkab Aceh Timur. (Andi/T.Bahar).

Facebook Comments